Belajar Membuat Aplikasi Di Kodular

Untuk bisa membuat aplikasi android. Itu bukanlah suatu hal yang mudah. Karena selain kita harus punya kemampuan yang mumpuni kita juga harus bisa memahami bahasa coding atau bahasa java.

Sedangakan Bahasa java itu sendiri menurut saya pribadi bagaikan bahasa ayam atau kambing yang begitu sulit di pelajari atau pun di mengerti.

Untuk bisa membuat aplikasi android itu butuh ketekunan Dan keseriusan karena untuk membuat aplikasi android. Tidaklah membutuhkan waktu yang sedikit. Tetapi sangat membutuhkan waktu yang lama. Bahkan berbulan bulan bisa juga bertahun tahun. Apalagi kalau kita membuat aplikasi secara individu. dan bukan kerja TIM

Pengalaman saya pribadi untuk bisa membuat aplikasi. bukan disaat membuat aplikasi lah ( yang membutuhkan waktu yang lama ). Tetapi ketika belajar nya lah yang membutuhkan waktu yang sangat lama.

Biasanya untuk membuat aplikasi android itu membutuhkan sofware Android studio Di komputer kita. Namun bagi yang mempunyai skill pas pasan. Android studio bukanlah solusi terbaik untuk kita bisa membuat aplikasi android. Apalagi kalau komputernya spek minim bukan spek dewa. Karna untuk bisa menginstal android studio. Komputer kita harus punya ram minimal 4 gb. Dan vga 1 Gb.
Biar saat menggunakan tidak lemot atau lag

Dari pada harus unggrade komputer dan sekedar ingin belajar android studio yang belum tentu bisa menguasai ilmunya. Lebih baik Down dan mendingan memilih alternatif lain untuk bisa membuat aplikasi android

Karena seiring perkembangnya jaman membuat aplikasi tidak lagi di persulit atau di bikin pusing karena sekarang sudah ada sofware atau situs yang mempermudah kita untuk membuat aplikasi android. bahkan aplikasi untuk ios.

Jika anda tidak mempunyai skill mumpuni. Namun sangat berkeinginan atau berimajinasi bisa membuat aplikasi sebaiknya belajarlah membuat aplikasi dengan layanan drag end Drop. karena dengan Drag end Drop anda di permudah. Bahkan anda gak perlu paham yang namanya bahasa coding. Banyak situs atau sofware yang menyediakan layanan Drag End drop.

Baca juga : Istilah Tentang Drag end Drop Dalam pemprogaman

Untuk sofware. Ada prabayar juga ada yang gratis yang menyediakan layanan Drag end Drop. Salah satunya

  1. Buildbox,
  2. GameMaker,
  3. Stency
  4. Xmarin
  5. DLL.

    Ini adalah untuk sofware. Sedangkan untuk situs itu sendiri yang menyediakan layanan Drag end Drop adalah :

    1. Kodular.io,
    2. Thunkable
    3. Appybuilder
    4. Droidmaker
    5. appinvector
    6. Appybuilder
    7. DLL

    Saat build di jadikan ke file APK.Di antara sofware atau situs di atas untuk membuat aplikasi yang menyediakan layanan drag end drop. Hal yang paling mudah di pelajari adalah "Kodular.io"  Karena dengan Kodular.io kita bisa leluasa untuk membuat aplikasi dan juga lebih lengkap fitur. Di bandingkan yang lain. Selain lengkap fitur tentunya Kodular.io menyediakan Gratis dan gak prabayar saat menggunkananya. Bahkan saat build di jadikan ke file Apk,


    Untuk bisa membuat aplikasi seperti Whatsap, Tiktok, Mp3, Browser, file meneger, Shared it,
    video, Kamera, edit Foto, video player, tentunya sangat bisa jika menggunkan "Kodular.io". namun Semua itu juga tergantung kitanya menguasai atau tidak skill yang ada dalam Kodular.io. Dan hal yang paling saya suka dengan Kodular.io. Saat kita membuat aplikasi android. Kita bisa monetasi atau menambahkan jaringan iklan untuk mendapatkan penghasilan seperti :

    1. Admob
    2. Amazon
    3. Facebook ads
    4. Startapp
    5. In ap purchee / pembelian dalam aplikasi
    6. Leadbolt
    7. Dan yang terkahir UNITY

    Untuk membuat aplikasi di Kodular.io sangatlah mudah. Kita hanya bermodalkan komputer dan IDE aplikasi yang ingin kita buat. Anda juga harus menpunyai akun Kodular.io. Anda cukup daftar dengan akun gmail anda.

    Lalu bagaimana cara membuat aplikasi di Kodular.io. Berikut cara membuat aplikasi di Kodular.io .

    1 . Hal yang pertama kamu lakukan adalah kamu harus punya akun Kodular.io. namun jika anda belum punya akun Kodular.io silahkan anda login menggunakan. Akun google anda. Nanti otomatis anda mempunyai akun Kodular.io.

    2. Jika anda sudah daftar / Login. pada halaman ini silahkan klik new Project.
    Masukan nama aplikasi yang ingin anda buat. Contohnya belajar_membuat_aplikasi. Contoh gambar


    ( Harap perhatikan jika nama aplikasi lebih dari 1 atau 2 kata. tidak boleh menggunkan spasi namun anda harus menggunkan simbol strip bawah ) namun kalau nama aplikasi hanya 1 kata tidak masalah

    3. Klik Ok. Nanti otomatis masuk kehalaman berikut. Di halaman ini anda menemukan layar aplikasi. componen " bahkan extension. Untuk metode belajar. Silahkan anda lihat lihat fitur Kodular.io. Jika sudah merasa puas.. Karena ini masih proses belajar silahkan langsung klik Export Seperti di gambar..

    Klik Export Lalu pilih ( save apk to may computer ) nanti Kodular.io otomatis nge'build project anda. Untuk di jadikan file apk. Jika sudah berhasil ke build. silahkan masuk ke folder penyimpanan aplikasi tadi lalu copy file apk tadi ke hand'phone anda selebihnya install. Lalu buka Selamat anda berhasil membuat aplikasi android.

    Meskipun yang anda Buat tadi aplikasi. Kosong hanya layar putih kosong. Setidaknya anda sudah bisa membuat aplikasi android. Hal ini adalah tutorial penting dan bukan tutorial anak TK / SD.

    karena "KUNCI" Utama untuk bisa membuat aplikasi adalah kita harus bisa menjadikan project file folder menjadikan File apk. Supaya bisa di instal di hp android anda. Karna kalaw masih dalam bentuk project file kita gak bisa menginstalnya.

    kebanyakan kasus jika kita mahir membuat Desain pada aplikasi. adakalanya banyak juga yang Mengalami kesulitan project'nya itu sendiri di jadikan file APK. Terkadang gara gara file erorr. Itulah cara membuat aplikasi di Kodular.io untuk mengetahui tutorial lainnya.

    Seperti membuat : sidebar. popup. notifer. Login / Sigup. Memasang jaringan admob
    Dan keguanaan Komponen Kodular.io.  Nantikan artikel berikutnya.

    Banner

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel